Definisi dan Ciri Modern Trade

Modern trade adalah salah satu saluran distribusi yang dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan pemasaran suatu produk. Modern trade biasanya berbentuk chain store seperti minimarket, supermarket dan juga hypermarket. Pengelolaan operasional modern trade baik dari sisi inventory atau manajemen logistik dilakukan lebih terorganisir dan terencana. Modern trade sangat memperhatikan pelayanan kepada pelanggan, dimulai dari fasilitas belanja yang nyaman dengan ruangan ber-AC bahkan hingga sistem pembayaran yang sudah menggunakan berbagai metode, sehingga mempermudah pelanggan yang tidak membawa uang cash sekalipun.

Modern trade biasanya memiliki banyak outlet lebih dari satu, sehingga dalam operasionalnya mereka sangat memperhatikan efisiensi. Beberapa ciri berikut ini, akan mempermudah kita memahami apa itu modern trade.

  • Harga jual sudah tetap (fixed price) sehingga tidak ada proses tawar-menawar dan adanya sistem swalayan / pelayanan mandiri.
  • Ketat melakukan seleksi terhadap pemasok
  • Sistem pembayaran secara tunai atau dengan non-tunai
  • Pemajangan produk pada rak terbuka sehingga pelanggan bisa melihat, memilih, bahkan mencoba produk terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli.
  • Potensi pembeli diprediksi dan terus dievaluasi
  • Jenis barang dagangan terfokus dan disesuaikan dengan target pasar

Definisi dan Ciri Online Trade

Online trade sebetulnya dapat juga dikategorikan kedalam modern trade. Jika pada modern trade masih berbasis outlet atau toko secara fisik, di online trade perusahaan atau pemilik produk tidak perlu membangun toko fisik. Karena sistem penjualan dan transaksinya dilakukan melalui media internet. Online trade memiliki jangkauan lebih luas, karena tidak terbatas kepada satu area atau wilayah saja. Tapi bisa melayani pembelian di luar area lokasi perusahaan. Dengan memanfaatkan ekspedisi kurir sebagai pengantaran produk kepada pelanggan.

Dengan demikian, dalam operasionalnya online trade tidak memerlukan biaya untuk pemeliharaan tempat atau outlet. Karena yang online trade butuhkan adalah gudang stok. Sedangkan display produk dilakukan di internet melalui berbagai platform seperti marketplace atau website bisnis mereka sendiri. Memang online trade saat ini sudah mulai dapat menjangkau berbagai kalangan masyarakat mulai dari kalangan bawah hingga kalangan atas.

Beberapa ciri online trade berikut ini, akan mempermudah kita untuk memahami lebih jelas lagi.

  • Mendisplay dan menjual produk melalui paltform online di internet
  • Mengutamakan kecepatan dalam pelayanan
  • Transaksi pembayaran bisa melalui plarform atau COD (Cash on delivery)
  • Memiliki gudang penyimpanan produk yang terinventarisir dengan baik
  • Behaviour pembeli diperiksa dan dievaluasi secara berkala
  • Mengoptimalkan pemasaran digital untuk menjangkau market yang tepat

Perpaduan Modern dan Online Trade

Setelah mengetahui pengertian dan ciri antara modern trade dan online trade, dalam sudut pandang seorang pebisnis mana yang lebih menguntungkan? Tentunya dari kedua channel tersebut, perlu dilakukan uji coba mana yang lebih banyak dan efektif dalam menghasilkan penjualan. Dan tidak ada salahnya jika sebagai pebisnis mengoptimalkan kedua channel tersebut dengan cara memadukannya. Untuk itu, perlu diketahui apa saja kelebihan dari online trade yang tidak dimiliki oleh modern trade. Silahkan lanjutkan membaca untuk mengetahui lebih jelasnya.

Manfaat Online Trade

Online trade memberikan peluang bagi pelaku bisnis yang saat ini memanfaatkan distribusi dan pemasaran melalui channel modern trade. Karena online trade bisa menjangkau pembeli yang lokasinya berada diluar jangkauan outlet. Tentunya produk yang bisa dijual melalui online trade haruslah produk yang memang sesuai dan aman untuk dikirim yang setidaknya harus dan tidak basi selama diperjalanan.

Disatu sisi online trade memberikan keuntungan lebih. Karena online trade bisa menjadi solusi distribusi di masa pandemi. Namun disisi lain online trade memberikan tantangan baru bagi perusahaan atau pebisnis saat ini. Karena persaingan bukan lagi terjadi antara toko sebelah, tapi bisa terjadi dengan toko lain yang berada di luar daerah. Persaingan ini sangat rentan terjadi dan akibatnya bisa mengakuisisi pelanggan oleh brand lain.

Oleh karena itu tantangan memanfaatkan online trade adalah siap menerima persaingan yang luas. Ada baiknya untuk benar-benar mengkaji dari sisi penentuan harga, pelayanan dan juga pengemasan produk. Agar pelayanan kita tetap dirasakan lebih baik menurut pelanggan dibandingkan yang lain. Sehingga pelanggan yang sudah ada tidak berpindah ke outlet atau brand lainnya.

Baca juga: 5 Tips Pengelolaan Sistem Distribusi Efisien

Hubungi Sasana Megah Agung

Bagi Anda yang berada di wilayah Bandung dan sekitarnya, dan ingin mengoptimalkan distribusi modern trade dan juga online trade, silahkan untuk menghubungi PT Sasana Megah Agung melalui halaman kontak atau melalui Whatsapp dengan cara klik tombol WA di bagian kanan bawah layar. Perusahaan distributor FMCG dan FSBC yang telah berpengalaman selama puluhan tahun dan sampai saat ini telah memiliki lebih dari 6000 pelanggan. Pengelolaan distribusi dan pemasaran produk Anda akan lebih efisien dengan memilih menjadi principal dari PT Sasana Megah Agung, karena semuanya akan dikelola secara profesional. Dan yang lebih menarik adalah, Anda akan semakin mudah mengelola bisnis.

Leave a reply