Daftar Isi
Jalur Distribusi General Trade Saat Ini
Saat teknologi semakin canggih, ditambah dengan semakin meratanya akses masyarakat terhadap penggunaan internet, tidak sedikit brand owner atau pebisnis retail yang lebih memusatkan perhatian dalam mendistribusikan produknya kepada jalur online trade. Alasan ini memang cukup masuk akal, dengan semakin memasyarakatnya trend belanja online membuat banyak orang lebih memilih untuk membeli barang atau produk melalui toko online atau marketplace.
Akan tetapi, dari sudut pandang bisnis, justru ini menjadi peluang untuk mengoptimalkan lagi jalur distribusi konvensional yang mungkin saat ini banyak yang kurang diperhatikan oleh pemilik produk (brand owner). Padahal potensi dari penjualan melalui saluran distribusi general trade masih cukup tinggi. Dan bahkan dari sudut pandang bisnis, masih memiliki prospek yang sangat cerah yang mungkin tidak dimiliki oleh jalur distribusi lainnya seperti modern trade dan juga online trade.
Potensi General Trade Saat Ini
Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang masih bisa Anda optimalkan dengan memanfaatkan jalur distribusi general trade:
- Jumlah outlet yang termasuk kepada general trade masih sangat banyak. Bahkan dilihat dari sebarannya pun sangat tinggi dan merata hampir semua wilayah yang padat dengan pemukiman penduduk.
- Sudah memiliki karakter saluran distribusi yang terbentuk secara alami sehingga lebih mudah menyesuaikan dengan kebutuhan pasar.
- General trade memiliki potensi sangat baik terutama untuk berbagai kebutuhan rumah tangga, yaitu pasar tradisional dan outlet grosir.
- Memiliki ragam ukuran outlet cukup lengkap, mulai dari grosir, pengecer besar, pengecer sedang, sampai pengecer kecil dan mikro (saluran bawah)
- Barang yang dijual beraneka ragam. Bahkan dapat dikatakan memiliki varian yang sangat banyak, hampir semua jenis barang ada terutama produk Fast Moving Consumer Goods.
- Memiliki harga jual kepada konsumen yang sangat kompetitif, bahkan terkadang lebih murah dibandingkan dengan harga supermarket.
- Tidak memiliki prosedur yang rumit dalam hal memasukkan produk / listing produk ke outlet atau pasar.
- Pengelola outlet lebih mudah terlibat dan tertarik dengan berbagai program promosi penjualan dan program pemasaran yang diberikan. Sehingga program-program stimulus penjualan lebih mudah dijalankan di general trade.
Jika Anda ingin menambahkan lagi, silahkan tuliskan di kolom komentar. Potensi apalagi yang belum disebutkan yang bisa didapatkan dalam mengoptimalkan general trade sebagai jalur distribusi penjualan.
Baca juga: 4 Faktor Penting yang Harus Diperhatikan untuk Distribusi Produk FSBC
Pastikan Memilih Distributor Berpengalaman
Sampai disini, Anda mungkin mulai tertarik untuk mengevaluasi sudah sejauh mana upaya Anda dalam mengelola jalur distribusi general trade. Untuk itu, Anda dapat memulai dengan mengevaluasi sudah se-efektif apa peranan distributor dalam menyebarkan produk-produk Anda hingga ke tangan konsumen.
Pastikan Anda sudah bermitra dengan distributor yang berpengalaman dan juga memiliki jaringan sebaran yang luas. Lebih bagus lagi jika dapat mengakomodir berbagai jalur distribusi. Sehingga Anda memiliki banyak jalur untuk mendistribusikan produk. Menjangkau market lebih luas dan lebih tepat sasaran.
Seperti halnya PT Sasana Megah Agung. Sebagai distributor produk FMCG yang telah puluhan tahun mendistribusikan produk ke berbagai jalur distribusi seperti:
- General Trade,
- Modern Trade,
- Online Trade, dan
- Channel FSBC (Food Service Bakery Cafe)
Untuk informasi lengkap mengenai layanan distribusi dari PT Sasana Megah Agung, silahkan hubungi melalui halaman kontak. Demikian artikel ini ditulis, semoga dapat memberikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Leave a reply