Bisnis modern trade saat ini memegang peran penting dalam kehidupan masyarakat perkotaan. Hal ini dibuktikan dengan keberadaan berbagai minimarket dan supermarket di berbagai titik strategis. Agar bisnis tersebut dapat berjalan dengan baik, Anda perlu memperhatikan suplai barang yang dikirimkan oleh suplier, terutama pengiriman oleh distributor makanan dan minuman.
Dibandingkan dengan produk lain, pelaku usaha modern trade perlu memberi perhatian serius pada distribusi produk. Jangan sampai Anda salah dalam memilih distributor yang kemudian berimbas negatif pada reputasi usaha. Sebagai contoh, Anda tidak ingin rak pajangan penuh dengan deretan produk makanan dan minuman yang ternyata sudah kedaluwarsa, bukan?
Untuk menghindari berbagai problem yang bisa berdampak negatif pada reputasi bisnis, penggunaan jasa distributor makanan dan minuman oleh pelaku usaha modern trade perlu perhatian serius. Terdapat empat aspek utama yang perlu Anda cermati agar bisa memperoleh distributor terbaik, yaitu:
1. Selera konsumen
Sebelum memutuskan penggunaan kanal distributor makanan dan minuman, Anda perlu terlebih dahulu memperhatikan pola konsumsi masyarakat. Jangan sampai produk yang telah Anda dapatkan ternyata hanya menumpuk di gudang karena tak memiliki angka penjualan yang bagus. Untuk mengetahui hal ini, Anda perlu melakukan riset lapangan terlebih dahulu. Anda perlu tahu bahwa banyak aspek yang bisa memengaruhi selera konsumen, termasuk di antaranya adalah budaya, kondisi lapangan, dan lain sebagainya.
2. Biaya
Aspek selanjutnya yang tak boleh Anda lewatkan adalah biaya. Anda perlu memastikan bahwa biaya yang dikeluarkan untuk penggunaan kanal distributor makanan dan minuman tidak melebihi bujet. Biasanya, distributor akan memberi diskon ketika terdapat pembelian dalam jumlah banyak. Selain itu, penggunaan alur distribusi yang pendek juga dapat menekan biaya untuk pembelian produk.
3. Merek
Faktor penting berikutnya yang harus diperhatikan oleh para pelaku usaha modern trade dalam memilih distributor makanan dan minuman adalah merek. Kualitas merek memiliki peran yang penting di mata konsumen. Pastikan bahwa merek produk yang Anda pasarkan memiliki reputasi yang bagus dalam pandangan konsumen.
4. Pelokalan
Terakhir, Anda perlu mencermati perihal pelokalan produk. Upaya pelokalan menjadi penting agar sebuah merek dapat diterima oleh konsumen di wilayah tertentu. Hanya saja, proses pelokalan tersebut juga harus dibarengi dengan standar mutu yang jelas. Dengan begitu, konsumen tetap bisa memperoleh produk yang berkualitas.
Nah, itulah empat aspek penting yang perlu diperhatikan dalam memilih distributor makanan dan minuman untuk bisnis modern trade. Semoga bermanfaat, ya.
1 Comment
Leave a reply